Persib Bandung Punya Peluang Berlaga di Liga Champions Asia, Ini Syaratnya

KODE 336x320 atau in artikel

Persib Bandung masih berada di posisi puncak klasemen Liga 1 2018 hingga pekan ke 24. Jika berhasil mempertahankan posisinya hingga akhir musim, Persib Bandung punya peluang tampil di Liga Champions Asia musim depan.

Namun, jalan panjang harus dilalui mereka sebelum benar-benar dapat mentas di putaran final.

Satu jatah Indonesia di Liga Champions Asia akan diberikan kepada pemenang kompetisi.

Namun, hal itu tak serta merta membuat sang juara nantinya dapat langsung tampil di putaran final.

Wakil Indonesia harus melewati babak kualifikasi dari paling bawah.

Sebagai contoh, jika pemuncak klasemen sementara Liga 1 2018, Persib Bandung dapat mempertahankan posisinya hingga akhir musim, maka mereka harus melakoni tiga kali kualifikasi untuk dapat tampil di putaran final.

Saat ini, jika AFC tidak mengubah mekanisme kualifikasi untuk Liga Champions Asia musim depan, sebuah web-blog yang konsen kepada sepak bola Asia memprediksi bagan perjalanan wakil Indonesia untuk menggapai putaran final.

Di kualifikasi pertama, delegasi Indonesia sudah ditunggu oleh klub asal Singapura yang pada Piala AFC musim ini menghancurkan Persija Jakarta.

Home United memupuskan harapan Persija Jakarta untuk melangkah lebih jauh di turnamen kasta kedua klub-klub di Asia tersebut.

Di babak semifinal zona ASEAN, Home United menaklukkan Macan Kemayoran pada dua leg sekaligus.

Anak asuhan Stefano Cugurra itu kalah 2-3 di Singapura dan menyerah 1-3 di Jakarta.

Jika Maung Bandung menjadi juara Liga 1 musim ini, Persib Bandung dan Home United akan saling mengalahkan agar dapat melangkah ke partai kualifikasi kedua.

Pemenang dari laga kualifikasi pertama tersebut sudah ditunggu oleh satu wakil Australia, Newcastle Jets FC.

Kemudian, seandainya Persib Bandung dapat melangkah sejauh itu, mereka masih harus bersua tim peringkat empat J-League atau kompetisi kasta tertinggi Jepang.

Barulah wakil dari Indonesia dapat berlaga di putaran final Liga Champions Asia 2019 jika mampu mengalahkan semua lawan-lawan pada babak kualifikasi tersebut.

Adapun jika gugur, secara otomastis mereka hanya akan tampil di Piala AFC. (*)

referensi : kaltim.tribunnews.com
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==